Jumat, 17 Mei 2013

cara membuat lemper abon ketan


Lemper Ketan merupakan Makanan yang terbuat dari ketan dan biasa diisi dengan abon berselimut daun pisang. Jajanan Tradisional ini sangat mudah kita temukan di pasar pasar tradisional hingga toko kue modern walaupun lemper termasuk jenis. Biasanya kue lemper disajikan pada acara  acara tertentu seperti hajatan pernikahan atau khitanan. Kue lemper juga baik untuk bekal perjalanan saat liburan karena mudah dibawa dan cukup mengenyangkan. Lemper paling enak dinikmati dengan gorengan renyah.
Isi dari kue lemper bisa biasanya abon ayam, abon sapi, bahkan abon lele. Namun ada pula yang berisi glaten atau sayuran sebagai alternatif untuk merekan yang tidak mengkonsumsi daging. Lemper yang tergolong kue basah ini Selain menggunakan daun pisang ada juga variasi lain kue lemper yang dibungkus menggunakan krep yaitu kue semar mendem.

Dari cara memasak kue lemper setelah dikukus ada yang digoreng bahkan ada juga kue lemper bakar. Bagi anda yang ingin membuat resep lemper bisa coba resep membuat lemper ketan isi abon ayam istimewa ini.
Bahan membuat lemper ketan isi abon
1 kilo beras ketan
500 ml santan dari 1 butir kelapa
Abon ayam
daun pisang secukupnya
pelastik buat bungkus
Cara membuat kue lemper abon ketan
  • Cuci beras ketan sampai bersih, kukus selama 20 menit. Angkat sisihkan.
  • Masak santan, daun pandan dan garam. CAmpurkan beras ketan kedalam santan, aduk merata. Biarkan 20 menit sampai santan meresap. Angkat
  • Kukus campuran ketan dan santan selamat 30 menit atau sampai ketan matang. ANgkat dan dinginkan diatas tampah yang sudah dilapisi daun pisang.
  • Ratakan dengan tebal 1 Cm kemudian potong dengan ukuran 6 x 4
  • Ambil potongan ketan, isi dengan abon yang sudah disiapkan. KEmudian bungkus dengan daun pisang atau plastik. Lemper siap disajikan
Jika anda ingin membuat lemper goreng anda tinggal menggorengnya dengan minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Agar lemper goreng kelihatan menarik, kocok telur dan masukan lemper kedalam telur kemudian guling gulingkan diatas tepung baru kemudian digoreng. Pasti akan semakin nampak krispy dan mantap.
Tidak sulit bukan cara buat kue lemper ini, Hanya memang perlu sedikit ketelatenan untuk membuat kue lemper dengan hasil yang bagus. Mungkin anda heran jika melihat lemper yang banyak dijual di toko bisa memiliki ukuran yang sama dan menarik. Hal itu dikarenakan saat membuat lemper tidak dengan cara manual. Biasanya lemper yang seperti itu dicetak menggunakan cetakan lemper.

Cetakan lemper ini juga biasa digunakan untuk membuat semar mendem agar ukurannya sama. Terimakasih sudah membaca cara membuat lemper abon ketan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar