Jumat, 17 Mei 2013

Cara Membuat Getuk Lindri

Siapa tak mengenal getuk lindri ? Makanan berbahan dasar singkong ini sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat indonesia terutama yang tinggal di jawa tengah dan jawa timur. Selain getuk lindri di setiap daerah di jawa memiliki jenis getuk sendiri. Getuk lindri merupakan kue khas nusantara dari kota Magelang dan Jogja yang sering dijadikan oleh oleh.

Kue getuk lindri merupakan salah satu jajanan pasar yang masih mudah kita jumpai. Proses pembuatan getuk dengan menumbuk singkong dengan alu dan dicampur gula jawa atau gula jawa hingga halus. Cara membuat getuk yang tradisional seperti membuat cita rasa getuk ini tetap terjaga rasanya.

Untuk membuat getuk lindri sedikit berbeda dari membuat getuk lain pada umumnya. Setelah proses membuat getuk dengan cara ditumbuk sampai halus getuk lindri kemudian di giling dan dibuat panjang seperti mie dan kemudian dirapatkan. Namun jika anda ingin membuat getuk lindri tanpa alat giling pun sebebarnya bisa. Berikut resep membuat getuk lindri tradisional.

 


Bahan Membuat Getuk Lindri:
singkong 1 kg
gula pasir 200g
vanili 1/2 sendok
kelapa 1/3 butir parut kasar
aer 100ml
pewarna makanan
Cara Membuat Getuk Lindri :
  • Masak air tambahkan dan vanili hingga mengental lalu angkat  dan dinginkan.
  • Sementara itu Kukus bahan singkong hingga empuk dan matang.
  • selagi panas tumbuk singkong sambil menuangkan larutan gula serta beri sedikit pewarna makanan, tumbuk sampai tercampur rata dan singkong menjadi lebih halus.
  • Tahapberikutnya adalah menggiling singkong kemudian potong menurut selera anda. Taburi urap kelapa ( parutan kelapa ) diatasnya. Getuk lindri siap untuk di sajikan.
Demikian resep getuk lindri tradisional, ternyata membuat kue tradisional  ini cukup mudah dan sederhana. Selamat mencoba resep getuk lindri dirumah dan Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk  mencoba resep tape  yang istimewa. 

0 komentar:

Posting Komentar